Hallo !!! Hiji Carios adalah blog personal yang berisi berbagai informasi menarik dan bermanfaat

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Dalam dunia kerja yang paling pertama kita ajukan sebelum bekerja adalah surat lamaran kerja.

Melamar pekerjaan bukan merupakan hal yang asing lagi karena ini sudah terjadi sejak lama.

Namun meskipun begitu, tetap saja masih banyak orang yang kesulitan atau banyak yang melakukan kesalahan saat menulis surat lamaran.



Sehingga hasilnya staf HRD yang membacanya pun terkadang bosan dan tidak melirik surat lamaran kerja kita.

Jika ingin membuat surat lamaran kerja yang baik, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini, yang Hiji Carios rangkum dari berbagai sumber.

Perhatikan paragraf pertama dan terakhir

Paragraf pertama dan terakhir perlu diperhatikan saat membuat surat lamaran.

Di paragraf awal gunakan bahasa yang singkat dan jelas, jangan berbelit-belit, dan tentunya harus bersifat menjual.

Sedangkan di paragraf terakhir gunakan kalimat yang tegas dan meminta mereka untuk menghubungi jika berkenan.

Jangan menggunakan kalimat yang mengambang atau terkesan tak peduli dan jangan pula menulis harapan dengan menggunakan kalimat yang buruk.

Jangan menulis ulang kata-kata yang ada di CV

Di dalam surat lamaran kerja memang kita seharusnya menyebutkan dan menjelaskan beberapa pencapaian kita yang juga tertera di CV.

Tetapi usahakan penulisan kalimatnya tidak sama dengan yang di CV. Rangkum pencapaian dengan menggunakan kalimat yang singkat, padat serta gunakan kata-kata yang menarik.

Jangan menyebutkan semua kemampuan

Sebutkan hanya 3 atau 5 kemampuan dan pengalaman terbaik saja dalam menulis surat lamaran kerja, jika memiliki banyak kemampuan dan pengalaman kerja.

Tidak perlu menyebutkan semua kemampuan dan pengalaman dalam surat lamaran. Karena itu semua pasti sudah tertera di CV.

Jelaskan tentang perusahaan yang dilamar

Sebelum menulis surat lamaran yang perlu kita lakukan adalah mencari informasi dan meneliti perusahaan yang akan kita tuju.

Pihak perusahaan akan merasa senang jika kita mengetahui banyak hal tentang perusahaan mereka.

Namun tetap dengan penulisan yang singkat dan jelas. Jangan terlalu berlebihan.

Tujuannya supaya memberikan kesan yang baik pada mereka.

Tunjukkan kepribadian

Tunjukan betapa antusiasnya kita pada perusahaan mereka menggunakan kalimat yang baik dan kalimat kerja aktif dalam surat lamaran. Jangan menggunakan kalimat negatif.

Tanda tangani surat lamaran

Jangan lupa menandatangani surat lamaran kerja yang telah kita buat.

Karena terkadang kita suka lupa untuk membubuhkan tanda tangan di surat lamaran.

Tanda tangan bisa menunjukan keaslian diri kita.

Hal ini mungkin tidak berlaku jika menulis surat lamaran khusus yang diberikan perusahaan atau melamar kerja secara online.

Cek ulang surat yang sudah jadi

Sebelum memutuskan untuk mengirimkan surat lamaran ke perusahaan, cek kembali surat lamaran yang telah kita buat.

Karena meskipun isi surat sangat menarik, tapi jika dipenuhi dengan type-x, salah tulis/ketik dan kotor akan terlihat jelek penilaian mereka menjadi berkurang.

Demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

Menurut penelitian, jika ingin mengirimkan surat lamaran akan lebih baik jika dikirim pada hari Senin.

Semoga bermanfaat dan selamat berjuang mendapatkan pekerjaan impian.