Hallo !!! Hiji Carios adalah blog personal yang berisi berbagai informasi menarik dan bermanfaat

Ketika Keinginan Tak Sesuai Dengan Harapan

Setiap manusia pasti semuanya memiliki harapan dan keinginan yang biasanya tinggi.



Saking menggebunya mimpi supaya apa yang diharapkan bisa tercapai maka yang paling pertama adalah membuat perencanaan dan akhirnya berusaha sekuat tenaga untuk mencapainya.

Dalam hasilnya, sebagian ada yang langsung sukses menggapai impiannya, ada yang gagal dulu berkali-kali lalu berhasil dan ada juga yang kurang beruntung karena kegagalan terus menerpanya dan masih belum mampu menemukan jalan keluarnya.

Ketika sesuatu keinginan yang kita dambakan tidak sesuai dengan harapan, mungkin kita akan merasa kecewa dan terkadang menggerutu, sedih dan malu bertemu orang-orang sekitar.

Meskipun sudah berusaha maksimal disertai do'a, tetapi tetap saja yang memiliki kuasa menentukan hasil hanya Allah SWT, Tuhan semesta alam.

Manusia hanya bisa bermimpi dan berusaha sekuat tenaga sedangkan hasil kita serahkan pada Sang Pencipta.

Meskipun kegagalan demi kegagalan itu rasanya sangat menyedihkan, mengecewakan dan pahit, tetapi daripada terus meratapi dan akhirnya stres maka ada baiknya kita merenungkan beberapa hal ini.

Setidaknya ini bisa menjadikan kita kuat kembali dan ikhlas menghadapi pahit getirnya kehidupan ini. Karena tidak ada kegagalan yang bersifat abadi. Hidup ini seperti roda yang terus berputar.

Kegagalan membuat kita berkembang

Meskipun terasa sakit, sedih dan kecewa namun anggaplah kegagalan itu sebagai pendewasaan diri. Dengan gagal kita akan belajar banyak hal.

Kita bisa merenungi sebab-sebab kegagalan dan belajar darinya sehingga kita bisa memperbaiki kedepannya.

Hidup itu penuh warna. Jadi jika hidup lurus-lurus saja tak ada naik ataupun turun, tak ada kegagalan dan rintangan dalam hidup, maka hidup ini tidak akan istimewa. Tak akan ada pelajaran yang bisa kita ambil.

Allah itu menurut prasangka hamba-Nya. Untuk itu berusahalah untuk berpikir positif dan anggaplah kegagalan sebagai ujian untuk kehidupan yang lebih baik dan jalan untuk belajar mendewasakan diri.

Mengeluh tidak akan merubah nasib

Jika kegagalan terus datang bertubi-tubi ada kalanya kita mengeluh, meratapi kegagalan tersebut.

Namun kenyataannya justru mengeluh tidak akan bisa merubah keadaan. Malah hal ini bisa membuat beban jadi lebih berat. Dan akhirnya stress.

Hadapi saja. Dan belajar dari kegagalan itu. Sudah menjadi tugas manusia untuk berusaha dan bersabar. Siapa tahu suatu saat nanti kita menemukan kesuksesan dari jalan lain.

Tak perlu menyesali kesalahan yang telah berlalu. Bangun dan gapai mimpi baru dengan semangat yang menggebu.

Karena tak ada kegagalan selamanya. Hidup ini selalu berputar. Jangan sampai kita hanya terus meratapi kegagalan. Yakinlah pahit getirnya hidup ini akan berakhir pada saatnya.

Kegagalan membuat kita kuat

Banyaknya kegagalan yang dialami jika dihadapi dengan sabar dan lapang dada selain akan memberikan banyak pelajaran, juga akan membuat kita kuat menghadapi masalah dan tahan banting.

Orang yang hebat bukanlah orang tidak pernah gagal, tapi orang hebat ialah orang yang tak pernah menyerah menghadapi kehidupan yang keras ini.

Banyak jalan menuju kesuksesan. Jika kita tersesat dan salah jalan, maka yang harus dilakukan adalah mencari jalan lain untuk bisa keluar. Bukan malah terus berputar-putar di jalan yang sama.

Terkadang dalam kesedihan kita selalu menganggap bahwa kitalah yang paling merana dalam hidup ini.

Tapi jika kita melihat keluar sana, maka masih banyak orang yang lebih kurang beruntung daripada kita. Kita masih punya keluarga yang selalu memberikan support dan memiliki tempat tinggal untuk berlindung.

Di luar sana banyak orang yang sudah tidak memiliki keluarga, rumah, makan pun seketemunya. Dibalik kegagalan itu tetap ada yang masih bisa kita syukuri.

Bersyukur dengan apa yang dimiliki, berusaha sekuat tenaga untuk mengapai impian dan bertawakal menerima hasil dan keputusan takdir dari yang memiliki kuasa atas alam semesta ini, yaitu Allah SWT.

Karena dibalik semua kehidupan yang terjadi di dunia ini ada banyak hikmah/pelajaran yang bisa kita ambil.